Liburan 3 Hari




Ini posting singkat karena aku publish sambil prepare all things for my short holidays :)
Di Bali ada namanya Hari Raya Nyepi, yaitu Tahun Baru Caka bagi kami orang Bali dan umat Hindu.
Tau dong kalo Hari Raya Nyepi itu Hari Libur Nasional ?
Tiap tahun juga merayakan Nyepi, tapi ya tiap tahun selalu terasa berkesan.Suasana di Bali. Benar - benar sepi, karena saat Nyepi ada empat larangan (Catur Brata Penyepian) :
1. Tidak boleh menyalakan api (Amati Geni)
2. Tidak boleh bepergian (Amati Lelungan)
3. Tidak boleh mengadakan hiburan (amati Lelangon)
4. Tidak boleh bekerja (Amati Karya)

Ya seharian itu tidak ada siaran tv di Bali, jalan sepi, bahkan tidak ada aktivitas di airport.
Benar - benar sepi, hening :) Tapi kunjungan wisata domestik maupun International tetap ramai bahkan tambah ramai menjelang Nyepi.

Memang sih Hari Libur Nasional cuma di Hari Raya Nyepi,
Tapi persiapannya sudah sejak 2 hari sebelum Nyepi, adapun rangkaian acara yang bertujuan untuk menyucikan alam (bhuana Agung) agar para bhuta kala kembali ke asalnya dan tidak mengganggu umat (bhuana Alit) yang akan merayakan Hari Raya Nyepi. Upacara ini disebut Melasti/Mekiis/Melis. Jadi kita melakukan pembersihan ke sumber mata air/laut.

Nah kalau di daerah asal aku, di Tabanan. Upacara melastinya dilaksanakan besok, Sabtu 30 Maret 2014.
Sore harinya dilanjutkan dengan "Pengerupukan" , jadi ada festival pawai Ogoh - ogoh gitu :)
Ogoh - ogoh berwujud seram yang merupakan perwujudan bhuta kala.

Dipercayai, bahwa dengan mengarak Ogoh - ogoh ini para Bhuta Kala akan kembali ke asalnya dan tidak mengganggu umat yang merayakan Nyepi.


Oke itu singkat tentang Hari Raya Nyepi, lanjut deh dengan barang - barang yang akan aku bawa selama liburan .

1. Pakaian

Aku bawa kebaya dan pakaian sehari - hari 4 pasang.

2. Make Up & Skin Care


Ini wajib ! Hehhhee... ya untuk skin care aku perlu banget moisturizer khusus untuk kulit di badan aku.
Dan perlu pelembab, sunscreen untuk wajah :)
Ngga lupa beberapa eyeshadow dengan warna natural, eyeliner, eyecurler, blush on warna yang natural , lip balm, lipstick, parfume, deodorant, face cleanser, face tonic, face wash and etc. xD

3. Buku

Hehhee... karena setelah liburan aku akan ikut Olimpiade Sains Kota (OSK) bidang ekonomi.
Apa saya kutu buku ?Atau rajin karena mau olimpiade ? wkwkkk....
biasa aja sih, sebagai pelajar kewajiban utamanya kan harus belajar :))

4. Gadget (?)

Em, cukup bawa handphone, charger aja deh.
Laptop ??? Maybe i bring it if there are space available wkwkkkk :D
Dan lagi - lagi aku sangat sangat sangaaatttttttt.....menyesal atas hilangnya my android =.=
Kan ngga bisa dipake pas liburan dong T.T

Ya semoga aja setelah liburan dan pas ultah aku, dapet hadiah android baru ya ^^

Dan aku mau mengucapkan, Selamat Hari Raya Nyepi Caka 1936 :)
Okk,...sayonara good bye :)

Comments

Jangan lupa subcribe