Tips Merawat Kulit Berjerawat

Duh, jerawat ? =.= males banget !
Apalagi dalam beberapa hari akan ada acara penting.

Sialnya, aku mengalami hal ini. Ngga tau kenapa muncul satu atau dua jerawat di dahi , pipi kanan, dan dagu aku. Kalo udah ada jerawat gini rasana kadar PD (Percaya Diri) turun 50% T.T
Tapi ya emang aku orangnya PD aja hahhhaaa...masih bisa disamarkan dengan concealer tuh jerawatnya, tapi ngga selalu disamarkan kan, tapi harus benar - benar disembuhkan agar tidak meradang.

Pas awal ada jerawat ini, aku kaget.
"Lho kok gini ? Aku ngga lagi PMS deh."

Setelah ingat - ingat , akhir - akhir ini aku sering lupa cuci muka sebelum tidur.
Jangan ditiru ya, itu ngga bagus kasian kulit kita.

Udah ada jerawat satu atau dua langsung panik deh, dan kalo ngga sabar malah dipencetin tuh jerawat. Oh No!! Jangan....
sini sini...aku bagi - bagi tips merawat kulit berjerawat :)
Tapi ini cara aku sendiri, yang aku rasa sudah cocok dengan kondisi kulit aku.

Sebelumnya aku jelasin kondisi kulit wajahku.


Kulit wajahku normal kombinasi dan mudah komedo-an.
Kulit wajahku berminyak hanya pada area T dan dagu. Tapi di suhu udara sejuk dan dingin wajah aku ngga berminyak. Untuk wajah dengan pori - pori besar dan mudah komedo-an, pilihlah make up yang berbahan dasar ringan dan tidak menyumbat pori. Kalau bisa jangan menggunakan make up berat (foundation) tiap hari jika tidak diperlukan.

Oke sekarang tips merawat kulit berjerawat :

1. Rutin membersihkan wajah di pagi hari, setelah beraktifitas, dan sebelum tidur.

Membersihkan wajah di pagi hari untuk membersihkan minyak pada wajah dan sisa - sisa skin care di malam sebelumnya. Jangan lupa membersihkan wajahmu setelah beraktifitas apalagi yang beraktifitas di luar ruangan. Dan satu lagi ! Ingat berishkan wajahmu sebelum tidur, ya semalas - malasnya, cuci wajah pake face wash juga ngga apa deh =.= Tapi lebih optimal lagi bersihkan wajah dengan milk cleanser dan toner.

2. Untuk mengurangi dan mencegah radang pada jerawat gunakan obat jerawat

Kalau aku sendiri pakai obat dari dokter kulit, aku ngga bisa saranin untuk kalian. Karena ini cocok-cocok-an ya.

3. Mengurangi kemerahan pada jerawat dengan air mawar

Air mawar itu memiliki efek menenangkan. Mengurangi kemerahan pada jerawat. Untuk lebih nyaman lagi, simpan air mawar kamu di kulkas. Ini juga bisa kamu terapkan untuk menyimpan toner kamu

4. Jangan pencet jerawat

Sering kan denger, "Jangan pencetin jerawat nanti meradang !"
Nah biasanya iseng dan pencetin itu jerawat dan bener kan...jadinya tambah meradang =.=
Kalo aku sendiri mau bersihin komedo atau jerawat itu pakai alat yang bersih. Dengan kondisi tangan yang bersih dan kulit yang sudah dibersihkan.
Nah kalau bisa jangan sembarangan memencet jerawat, kalo aku sih biarkan jerawat itu 2 -3 hari sampai mengering sendiri dan biasanya jerawat yang sudah mengering akan mudah terkelupas atau terangkat saat membersihkan wajah dengan milk cleanser dan toner

5. Gunakan sunscreen saat beraktifitas di luar ruangan dan hindari paparan langsung sinar matahari

Dokter kulitku pernah menyarankan, "Tolong kurangin paparan sinar matahari ya dek."
Sinar matahari itu dapat merusak lapisan kulit dan colagen yang dapat menjaga kelenturan kulit.
Dan paparan sinar matahari juga dapat memperparah radang pada jerawat. Duh!
Nah makanya aku selalu pake sunscreen , aku sih pake Wardah Sunscreen, disini reviewnya kalo mau tau :)

6. Jangan berlebihan atau terlalu sering mencuci wajah

Boleh - boleh aja mencuci wajah, asalkan kalo wajah kamu udah terasa berminyak dan kotor (bahasa saya sih : muka kucel ) :D
Perhatikan face wash kamu ya! Pilih yang formulanya ringan, tidak membuat wajah kering dan menjaga pH kulit kamu :)

Itu cara aku merawat kulitku, baik saat kondisi normal maupun saat berjerawat.
Nah apa tips lain dari kamu girls ?
Semoga dapat membantu :)



Comments

  1. Makasih ya, bermanfaat nih infonya, apalagi buat remaja kayak kita ^_^

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung ke Diah's Blog.
Silahkan berikan komentar dengan bahasa yang sopan dan tidak mengandung unsur SARA.

Jangan lupa subcribe