Tips : Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak Untuk Remaja

Hi readers :)
Posting kali ini terinspirasi dari salah satu teman yang nanya ke aku,
"Gek, gimana sih caranya merawat kulit berminyak ?"

Ok, sebelumnya semoga tips aku ngga menyesatkan ya wkwkkkk :D
Kulit berminyak itu memang banyak masalahnya seperti pori - pori besar, mudah berkomedo, mudah berjerawat, dan terlihat kusam. Kayaknya ribet amat punya kulit berminyak ya ?
Tapi katanya sih, kalau punya kulit berminyak kemungkinan awet mudanya lebih dibandingkan yang punya kulit kering.

To the point for the Tips :

1. Bersihkan wajah dengan Milk Cleanser dan Face Tonic sebelum mandi, sesudah beraktivitas, dan sebelum tidur.
Aku pakai Viva Milk Cleanser and Face Tonic Green Tea atau Lemon.

2. Cuci wajah dengan facial wash. Tapi jangan juga terlalu sering mencuci wajah, karena dapat membuat wajah iritasi dan hilangnya minyak alami yang dihasilkan kulit.
Untuk facial wash aku pakai Clean&Clear Essential Facial Wash review di sini.




3. Keringkan wajah dengan handuk dengan cara ditap secara lembut.
Jangan menggosok wajah ya.

4. Kompres wajah dengan air sari mawar putih yang tujuannya untuk memperkecil pori - pori wajah. Kalau ngga ada air sari mawar putih bisa pakai Face Tonic.
Air sari mawar putih yang aku maksud adalah Mustika Ratu Sari Mawar Putih.
Supaya lebih fresh bisa disimpan di lemari es/kulkas, begitu juga dengan face tonic.


5. Gunakan pelembab wajah.
"Kan muka udah berminyak ngapain pake pelembab lagi ?"
Hhmm... awalnya aku juga berpikir begitu. Kulit sudah berminyak ngapain pakai pelembab lagi.
Padahal kulit berminyak tidak hanya disebabkan oleh produksi minyak berlebih pada kelenjar kulit yang biasanya faktor genetik.

Kadang kulit berminyak bisa mengalami kering dan menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak minyak agar kulit lembab. Biasanya sih disebabkan oleh polusi dan kondisi cuaca/udara yang kering.

Untuk pelembab aku pakai Viva White Moisturizer, review di sini.
Aku sarankan untuk kalian yang beraktivitas di luar ruangan gunakan Pelembab yang mengandung SPF dan PA++ juga ya.
Tentang SPF dan PA++ pernah aku bahas di sini.

6. Gunakan Loose Powder
Loose Powder atau bedak tabur adalah pilihan tepat untuk kulit berminyak.
Kalau aku dari dulu sih pilih Marcks' Loose Powder. Bahan bedak Marcks' adalah zea mays atau tepung jagung yang bermanfaat untuk menyerap kelebihan minyak.


7. Kertas Minyak
Ini pilihan sih, kalau mau lebih praktis tanpa touch up bedak lagi saat berada di luar rumah.
Bisa pakai kertas minyak untuk menyerap kelebihan minyak. Ampuh banget mengangkat minyak pada wajah, dan hasilnya matte! Seperti menggunakan bedak.
Sekarang mudah banget beli kertas minyak, di supermarket banyak dijual kok atau di apotek juga ada.
Biasanya aku pakai Biore Oily Paper.

8. Scrubbing wajah 1 atau 2 kali seminggu
Saran aku pakai bahan alami dulu deh untuk scrubbing. Bisa pakai gula dicampur madu atau kopi dicampur madu.
Kemudian scrubb wajah secara halus, pernah aku bahas scrubbing di sini dan disini

9. Masker wajah
Sekarang ini banyak tersedia merk masker dengan banyak manfaat.
Pilihan aku adalah Viva White Mask untuk kulit berminyak atau Viva Face Mask (bubuk).


Siip deh, itu aja tips dari aku. Semoga bermanfaat, dapat mengatasi masalah kalian teman - teman remaja yang punya masalah kulit sama kayak aku. Walaupun kulit aku kombinasi berminyak , ngga sepenuhnya berminyak. Tapi intinya sama - sama berminyak sih :D

See you soon ^^


Comments

Jangan lupa subcribe