Sunday, September 27, 2015

Eksistensi Nyurat Aksara di Lontar


                Melalui sebuah tulisan yang terdiri dari rangkaian kata - kata cerita kehidupan seseorang dicatat dan menjadi sejarah di kemudian hari. Isi hati dan perasaan seorang insan manusia juga dapat tersampaikan lewat tulisan yang disebut surat cinta. Begitu banyaknya tulisan - tulisan yang ada di sekitar kita. Bahkan kemerdekaan bangsa Indonesia juga tertuang melalui tulisan pada teks proklamasi kemerdekaan. Begitu hebatnya makna sebuah tulisan.
Dalam pelajaran sejarah kita mengenal dua istilah yaitu zaman pra sejarah dan zaman sejarah. Zaman pra sejarah disebut juga zaman pra aksara yaitu zaman dimana manusia tidak atau belum mengenal tulisan, pra berarti belum atau tidak dan aksara berarti huruf atau tulisan. Setiap bangsa di dunia mengalami masa praaksara  yang berbeda begitu juga hilangnya masa pra aksara tersebut. Kemudian berganti menjadi zaman sejarah yang ditandai dengan manusia mulai mengenal tulisan. Tulisan tersebut dapat berupa prasasti, tugu, lontar, kitab, dan lain - lainnya. Dari tulisan - tulisan di zaman awal sejarah, kita dapat mengetahui hal apa yang sudah terjadi karena dapat dibuktikan dengan nyata. Sedangkan pada zaman pra aksara tidak ada bukti tulisan hanya berupa artefak.

            Sama seperti perkembangan manusia dari zaman pra sejarah hingga zaman sejarah saat ini, tulisan atau aksara yang kita ketahui hingga saat ini juga mengalami evolusi. Disebut evolusi karena prosesnya berlangsung dalam waktu yang lama dan saling terkait dengan sebelumnya. Penyebaran bentuk - bentuk aksara dari satu daerah ke daerah lain juga mempengaruhi evolusi bentuk tulisan dari daerah - daerah di dunia ini. Penyeberan tulisan ini dipengaruhi oleh aktivitas perdagangan, pertukaran pelajar pada zaman kerajaan - kerajaan Hindu-Budha ke India, aktivitas alih bahasa buku - buku pengetahuan asal India, dan prasasti yang berasal dari India. Misalnya bentuk aksara Bali yaitu a kara yang berasal dari huruf Dewanagari India. Ada pula, bentuk aksara Bali dan Jawa yang serupa karena pengaruh kerajan - kerajaan Hindu-Budha dari daerah Jawa yang kemudian pengaruhnya sampai ke Bali, selain itu jika diperhatikan bentuk aksara Bali maupun aksara Jawa memiliki kemiripan dengan aksara di Thailand, walaupun memiliki pengucapan yang berbeda tetapi memiliki bentuknya yang sama.

            Berbeda dengan negara Thailand, Rusia, Jepang, dan Korea yang masih menggunakan tulisan atau aksara tradisional mereka untuk tulisan fasilitas umum maupun dalam kehidupan sehari - hari. Sebagai negara dengan ribuan suku-budaya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, tentunya Indonesia memiliki banyak bentuk aksara namun secara nasional menggunakan huruf latin seperti saat ini. Penggunaan aksara tradisional di daerah seperti D.I Yogyakarta, Bali, dan beberapa daerah lain, biasanya terdapat pada fasilitas umum seperti nama jalan, nama kantor instansi pemerintahan, dan nama sekolah.  Misalnya saja di Bali, khususnya di Kota Denpasar kita dapat melihat penggunaan aksara Bali pada papan nama jalan, nama - nama toko di kawasan Jalan Gajah Mada, dan nama Pura ( juga berlaku di seluruh Pura Bali).

Tuesday, September 22, 2015

REVIEW : Just Miss Lip Colour Lipstick J-6

Hi readers :) Apa kabar?
Lama ngga blogging deh

Di foto ini aku pake Just Miss Lip Colour Lipstick J-6 

Btw, rambut aku ngga dipotong ish cuma ditata aja, keliatannya pendek ya ?
Mungkin nanti, entah deh kapan pingin potong rambut dan blow effect gitu bawahnya. Tapi ya ngga tau kapan, masa kata Ibuku, "Potong rambutnya ntar aja kalo udah kerja."
sekitar 4 tahun lagi =.=

Hmm.... udah lama sih mau review ini, ada kali dua bulan yang lalu belinya tapi ngga sempet review.
Akhirnya bisa blogging lagi ^^

Akhir - akhir ini produk Just Miss lagi booming banget ya, pada bahas Lip Crayon-nya yang emang udah jadi andalan Just Miss. Just Miss punya Lip Gloss aku udah tau karena pernah liat temenku bawa, tapi waktu itu ragu banget.
"Ah produk darimana sih? Abal-abal ngga? "

Pasti banyak orang yang ngira produk Just Miss abal-abala, karena memang kurangnya iklan/pemasaran. Bahkan sekarang ada Eyebrow Pencil Just Miss seharga Rp 4.000,-
Dan seketika mau beli dan borong ke-3 warnanya...
Belum tau sih bakal ada di toko kosmetik langganan atau belum, atau bisa cek di website www.justmissme.com

Nah, sekarang aku mau review Just Miss Lip Colour Lipstick J-6 dulu.
Kenapa ya kode warnanya mesti pake huruf dan angka aja =.=






Bisa dilihat kan kira-kira seberapa gedenya, kemasannya berwarna biru keabu-abuan atau apalah =.=
Nah kalo udah tumpul harus diraut. Pas di toko, aku ngga ngeh kalo ini masih versi diraut , ngga bisa diputar kayak versi yang baru hhmmm...

Sampe aku beli Oriflame Sharpener, yang harganya lebih mahal 5ribu dibanding Lip Colour Lipsticknya.
Tau kan kalo harga Just Miss Lip Colour Lipstick ini Rp 15.000 ?



Sebenernya pingin beli yang versi putar lho hehhe...
Tapi gtw mau warna apa, mau cari warna pink ke-ungu-an. Lihat pilihan warna di website, masih kurang greget deh. harus langsung tester nih :D

Thursday, September 3, 2015

Dimulai

Malam readers :)

Rencananya sih lanjutin tugas sekretaris untuk data siswa di kelas. Tapi 2 jam berlalu malah browsing. Tentunya browsing yang bermanfaat, bukan cuma browsing soal Beauty&Fashion atau K-POP. Tapi browsing soal PTN dan prodinya.

Masih jauh sih, ada waktu lagi 6 bulan, eh 4 bulan deh untuk memikirkan mau lanjut ke PTN mana dan prodi apa.
Setelah baca syarat SNMPTN, ada syarat jika memilih 2 PTN maka harus di provinsi yang sama saat SMA. Jika memilih 1 PTN maka diperbolehkan di provinsi manapun.

Tapi gimana ya, agak kurang yakin deh kalo pilih 1 PTN aja, ada sih rencana untuk PTN luar Bali tapi tingkat persaingan dan daya tampungnya itu bikin berpikir ulang.
Nah, setelah cek prodi di FISIP Unud ada 1 prodi yang bikin tertarik yaitu Ilmu Administrasi Negara atau di PTN lain ada juga yang menyebutnya Ilmu Administrasi Publik.

Ruang lingkup Ilmu Administrasi Negara itu luas, mulai dari manajemen, sistem pemerintahan, ekonomi, akunting, perpajkan, administrasi upah/gaji pegawai & pensiun, dan banyak lagi.
Kalo dibaca seru sih, ruang lingkupnya sesuai jurusan/peminatan IPS.

Dan sejak kelas XII atau kelas 3 SMA ini, karena wali kelasnya mengajarkan "baca dan baca" , menggali informasi dari media cetak maupun elektronik mengenai masalah ekonomi dan masalah sosial lainnya.
Jadinya sekarang lebih rajin baca - baca deh.
Sebelumnya sih emang udah rajin baca, ya baca beuaty blog, baca review beauty product, hehhhee

Tapi bener deh, ada manfaatnya dari membaca dalam bidang, ekonomi, politik, sosial, dan budaya.
Itu passionnya IPS banget...
Dan bersyukur deh, dari kelas X berpikir fokus pilih peminatan IPS aja.
Walaupun saran hasil test peminatan dulu sih IPA, tapi niatnya biar fokus nanti kuliah mau ambil Ekonomi. Udah deh IPS.

Dari awal ngga ada rasa minder jadi anak IPS, mau dibilang image anak IPS itu anak bandel, nakal, ngga pinter, bikin jengkel guru, pokoknya citra kurang baik itu di anak IPS semua, hmmm....
ngga berpengaruh sama sekali.
Aku tetap PD gabung sama anak IPA, temen-temen juga banyak dari kelas IPA dan ada dari kelas Bahasa juga.
"Ilmu tidak mengenal adanya kasta. Tapi ilmu bisa mengangkat kasta seseorang (orang berpendidikan dan bermoral)."

Aku tetap dengan cara dan prinsip aku belajar sejak SD-SMP.
Kalo lagi belajar ya belajar.

Tapi prinsip belajar sedikit berubah, kalo SMP fokus ke akademis aja, di SMA berusaha balance antara akademis, non akademis, dan lingkungan sosial.

Kalo ngerasa pinter, ngga juga. Karena banyak....sekali orang pintar di sekolahku.

Nah, btw. Sekarang itu ceritanya aku lagi dilema antara tiga prodi, Akuntansi, Perpajakan, dan Ilmu Administrasi Negara.
Tapi dibawa slow aja, semoga dengan waktu 4 bulan ini makin banyak dapet informasi tentang ketiganya termasuk prospek kerjanya.
Masih muda, masih mudah kena pengaruh. Mungkin harus sering - sering berkunjung ke BK untuk konsultasi :)

Saingan untuk masuk PTN susah, kuliahnya juga keras, setelah tamat kerjanya juga bersaing.
Serius ini udah dimulai ?
Iya! Dimulai. Bahkan sejak penentuan peminatan/jurusan di kelas X itu sudah awal dimulainya.

Ngomongin apa sih? ngelantur gini wkwkkk
Oiya semoga ada yang mau ngasi saran, berbagi info tentang ketiga prodi di atas ya :)
Semoga ada kakak - kakak mahasiswa yang mau berbagi cerita tentang ketiga prodi tersebut :)

Mohon kakak - kakak komentar ya ^^
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...