Friday, March 3, 2017

[UPDATE] My Skin Care (for Face) Now : Morning until Night

Hi readers,

Bicara soal update, ngga cuma social media yang bisa update tapi skin care juga.
Walaupun saya bukan tipe orang yang banyak pakai skin care tapi hanya memakai yang kulit saya butuhkan saat ini.

Semenjak kuliah, saya lebih suka beli skin care dibanding produk tata rias. Selain karena mulai sadar bahwa skin care-lah yang membantu menjaga kesehatan kulit dibanding produk make up.
Alasan lainnya karena setelah selesai OSPEK kulit saya rada kusam dan break out
Selain itu kurangnya waktu luang untuk "main" make up karena semester awal kuliah, banyak hal yang membuat saya harus beradaptasi di lingkungan kampus.

Kulit saya juga ikut-ikutan beradaptasi dengan cuaca daerah Bukit Jimbaran yang panas. Otomatis kulit saya jadi cepat berminyak, apalagi lingkungan yang berdebu karena ada proyek kontruksi. Udah deh kelar, minyak pada kulit ketemu debu jadi deh masalah jerawat =.=

Akhir-akhir ini saya sering mendapat pertanyaan dari teman-teman,

"Kira-kira kalau aku pakai produk kayak kamu (saya sendiri) cocok ngga ya?"
"Kulit aku berminyak pakai produk itu bagus ngga ya ?"
"Kalau kulit berjerawat boleh ngga sih scrubbing ?"

Nah, untuk pertanyaan-pertanyaan itu, sekalian saya jawab pada post ini sekalian update skin care yang saya gunakan saat ini ya.


Morning Skin Care 





1. Bersihkan wajah dari make up dan kotoran 




Produk cleanser yang saya gunakan saat ini ada dua yaitu Wardah Purifying Cleanser with Witch Hazel dan Viva Milk Cleanser Green Tea.
Dari dulu sebenarnya sih cleanser saya cuma Viva Milk Cleanser. 
Tapi, satu bulan terakhir coba Wardah Purifying Cleanser with Witch Hazel sewaktu belanja di gogobli.com

Wardah Purifying Cleanser with Witch Hazel ini cocok di kulit aku, lembut, mampu membersihkan make up dan aromanya yang menenangkan. Tapi, bikin perih di mata waktu ngga sengaja bersihin eyeshadow pakai produk ini.

Walaupun cocok, selanjutnya saya tetap kembali pakai Viva Milk Cleanser Green Tea, karena harganya yang lebih terjangkau dari Wardah Purifying Cleanser with Witch Hazel.

Setelah menggunakan cleanser ngga lupa pakai Viva Face Tonic Green Tea untuk lebih mengangkat sisa-sisa kotoran ada wajah dan juga meringkas pori-pori. 

Selain itu, Viva Face Tonic Green Tea ini juga aku pakai setelah mencuci wajah. Karena ada kandungan Green Tea, Tea Tree Oil, serta Hazel pada Viva Face Tonic Green Tea ini aku rasa selama pakai dapat menenangkan kulit yang kemerahan karena jerawat yang meradang.
Viva Face Tonic Green Tea juga tidak mengandung alkohol jadi ngga bikin kulit kering dan ngga perih di kulit.

2. Basuh wajah dengan pijatan lembut
Lagi-lagi saya punya dua produk untuk facial wash.
Tapi yang benar-benar sering saya pakai adalah Acnes Facial Wash dan Clean&Clear.

3. Gunakan pelembab 
Dua tahun terakhir pelembab wajahku adalah Wardah Hydrating Aloe Vera Gel. 
Selain harganya yang terjangkau dengan isi yang banyak dan bisa dipakai hingga 5 bulan ini, sangat cocok untuk semua jenis kulit. 

Aku rekomendasikan deh produk ini untuk yang memiliki kulit berminyak karena produk ini bentuknya gel, mudah meresap di kulit, dan melembabkan jadi, kulit tidak dehidrasi.

Btw, salah satu penyebab kulit berminyak adalah kulit yang dehidrasi. 


4. (Tambahan) Jika kulit sedang berjerawat. . .
Terakhir kali konsultasi ke dokter kulit untuk masalah jerawat adalah saat SMP. Waktu itu jerawat aku parah banget karena faktor hormon sih.
Sekarang, syukurnya sih jerawat yang aku alami ngga separah waktu dulu. Untuk mengatasi jerawat yang biasanya datang tiap bulan tiap mau menstruasi, aku pakai Benzolac 1 1/2%.

Ada dua jenis Benzolac, yaitu kemasan hijau dan biru.
Kemasan biru harganya memang sedikit lebih mahal dibanding yang hijau, tapi kelebihannya ada kandungan antibiotik. 

Cukup oleskan Benzolac pada bagian yang berjerawat saja.Produk ini jika digunakan terus menerus dapat mengakibatkan kulit kering dan mengelupas, makanya jangan pakai selain pada jerawat ya.
Makanya sebelum menggunakan produk ini aku menggunakan pelembab atau serum terlebih dahulu.

                                         
5. Wardah Lip Balm Strawberry 

Lip balm termasuk bagian dari wajah ya hehhe harus dirawat juga dong, 
Kalau ngga pakai lipstick, aku menggunakan lip balm untuk sehari-hari untuk menjaga kelembaban kulit bibir.  Sebelum menggunakan lipstick atau lip cream selalu deh aku pakai lip balm secukupnya.







                                             Night Skin Care 

Tidak jauh berbeda dengan Morning Skin Care, maka Night Skin Care yang aku gunakan hanya berisi tambahan Facial C-Serum dari Sensatia Botanicals,  Benzolac Acne Gel (kalau lagi ada jerawat), dan lip scrubbing dari The Body Heart.

Jadi step Night Skin Care aku seperti ini.

1. Membersihkan wajah dari sisa make up dan debu dengan milk cleanser dan face tonic.

2. Membasuh wajah dengan facial wash.

3. Setelah mengeringkan wajah dengan tissue/handuk khusus wajah, baru deh aku pakai Facial C-Serum dari Sensatia Botanicals.
Karena ini serum vit.C aku prefer pakai saat di malam hari dan alasan lainnya karena saat kita tidur kulit lebih maksimal menyerap kandungan atau manfaat dari produk perawatan.

Walaupun bentuknya seperti krim yang cair, tapi serum ini cepat meresap dan tidak lengket di kulit.
Sebulan lebih menggunakan serum ini, ngga ada alergi yang aku rasain. Well, reaksi kulit tiap orang berbeda ya, di saya cocok tapi belum tentu di kulit orang lain juga cocok.
Terus juga manfaat yang aku rasain kulit jadi lembab, bebas kusam, dan lembut.


4. Di malam hari dalam kurun waktu 3 hari sekali aku scrub bibir aku dengan The Body Heart Lolipop Lip Scrub., apalagi setelah menggunakan lip cream penting bnaget untuk scrub, supaya kulit mati ada bibir terangkat dan tampilan bibir lebih cantik.


5. Ini opsional sih kalau lagi ada jerawat baru aku pakai Benzolac.




Itu aja sih update skin care aku di 2017 ini, ngga terlalu banyak produk yang aku gunakan. Belum tentu apa yang aku gunakan juga cocok di orang lain, jadi skin care itu juga perlu masa mencoba apakah sesuai atau tidak di kulit kita, bisa jadi efek ketidakcocokan itu tidak langsung terlihat pada awal penggunaan. Atau sebaliknya, sebenarnya kita cocok pakai produk itu tapi, pada awal penggunaan kulit kita memperlihatkan reaksi yang sebenarnya itu bagian dari detox racun-racun yang ada di kulit.

Memilih skin care bukan hal yang mudah apalagi untuk kulit wajah yang cenderung lebih tipis dibanding bagian kulit lainnya. Saran aku, jangan mudah tergiur hasil instant skin care karena skin care akan terlihat hasilnya jika digunakan secara telaten. Jika kamu suka menggunakan make up, jangan lupa untuk rajin merawat kulit dengan produk skin care yang tepat untuk kulitmu. Pilih yang sesuau kebutuhan kulit.
Caranya yaitu kenali dahulu jenis kulitmu, kenali masalah kulitmu, dan bila perlu konsultasi ke dokter kulit untuk mengetahui hal tersebut.

Kulit wajah sih yang paling cerewet dirawat karena jadi bagian yang pertama kali dilihat orang-orang dari diri kita.
Padahal kan kalo kita mau berteman dengan seseorang (secara tulus) yang penting itu hati :)

Alangkah cantiknya, kita rawat hati dan wajah kita :)
Setuju ?

                                                    See you soon :)                                      
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...